Selasa, 09 Oktober 2012

Mengenal Keunggulan Affiliate Marketing


Untuk menjadi pelaku bisnis, Anda tidak mutlak harus memiliki produk atau jasa sendiri untuk dijual. Anda tetap dapat menjalankan bisnis dengan menjual produk atau jasa orang lain. Pada bisnis online, kerja sama antara pemilik produk atau jasa dengan orang lain yang akan menjual produk atau jasa tersebut dinamakan affiliate marketing.
Pemilik produk atau jasa yang menawarkan program affiliate marketing disebut affiliate merchant, sedangkan orang yang bekerja sebagai perantara yang akan menjual (mempromosikan) produk atau jasa milik orang lain disebut affiliate marketer. Affiliate marketer akan mendapatkan komisi yang besarannya telah ditentukan berdasarkan perjanjian, setiap kali ia berhasil menjual produk atau jasa kepada konsumen.
Affiliate marketing merupakan salah satu bentuk internet marketing atau pemasaran melalui media internet yang layak Anda pilih. Program ini memiliki sejumlah keunggulan, antara lain sebagai berikut.
  1. Dapat dijalankan dari mana saja dan kapan saja
Sebagai seorang affiliate marketer, Anda dapat menjalankan bisnis dari mana saja, termasuk dari rumah dan kapan saja. Yang Anda butuhkan hanya koneksi internet dan jaringan sosial yang luas. Anda tidak memerlukan kantor atau harus bertemu langsung dengan calon konsumen.
  1. Dapat memasarkan berbagai produk
Jika Anda menjadi affiliate marketer, Anda dapat berkerja sama dengan sejumlah affiliate merchant sekaligus dan memasarkan produk yang beragam. Dengan demikian, kesempatan Anda untuk melakukan penjualan dan mendapatkan komisi akan makin besar.
  1. Tidak harus memiliki produk atau jasa sendiri
Anda tidak harus mengalokasikan dana, energi, dan waktu untuk menciptakan produk sendiri dalam bisnis ini.
  1. Pasar yang sangat luas
Bisnis melalui internet menjadikan pasar yang dapat dibidik sangat luas karena lokasi tidak menjadi masalah. Bisnis online dapat menjangkau pengguna internet dari berbagai belahan bumi.
  1. Sebagai media belajar bisnis
Menjalankan bisnis affiliate marketing akan memberi Anda banyak ilmu dan pengalaman bagaimana menjalankan sebuah bisnis. Ilmu dan pengalaman ini akan sangat berguna ketika suatu saat Anda memutuskan untuk memiliki bisnis sendiri, tertama bisnis online.
  1. Nyaris tanpa risiko
Untuk menjadi seorang marketer affiliate, Anda hanya harus mendaftar, tanpa dikenakan biaya apa pun. Anda juga tidak harus membeli produk yang akan Anda jual kembali. Jadi, nyaris tidak ada risiko kerugian finansial yang harus Anda tanggung, kecuali biaya untuk memiliki koneksi internet.